Malas Sikat Gigi Bisa Berbahaya Kesehatan Jantung, Kok Bisa?

Malas Sikat Gigi Bisa Berbahaya Kesehatan Jantung, Kok Bisa? – Sikat gigi ialah salah satu cara untuk menjaga kebersihan mulut. Sebuah penelitian menyebut bila malas sikat gigi, terpenting sebelum tidur, terbukti dapat berbahaya untuk kesehatan jantung.

Mengutip Best Life, menyikat dan menggunakan benang gigi ialah cara sederhana namun efektif mencegah bakteri. Kurangnya kebersihan mulut dapat membuat bakteri menempuh tingkat dapat menyebabkan infeksi mulut, seperti kerusakan gigi dan sakit gusi.

Tetapi, malas sikat gigi tidak cuma terkait dengan kebersihan mulut, namun juga pelbagai persoalan kesehatan lainnya. Salah satunya bahkan, menurut Harvard Health Publishing, dapat memengaruhi kesehatan jantung.

Sebagian penelitian menceritakan bahwa kesehatan mulut yang buruk terkait dengan tingkat penyakit kardiovaskular lebih tinggi. Teori dari ahli di Harvard menyebut penyebabnya dapat karena bakteri menginfeksi gusi.

 

Malas Sikat Gigi Bisa Berbahaya Kesehatan Jantung, Kok Bisa?
Dari sana, gingivitis (radang gusi) dan periodontitis (infeksi gusi) menyebar ke pembuluh darah di mana mereka dapat menyebabkan inflamasi dan kerusakan pembuluh darah. Nantinya berpotensi disusul penggumpalan darah, serangan jantung, hingga stroke.

Sebagai pendorong gagasan tersebut, ditemukan sisa-sisa bakteri mulut di dalam pembuluh darah aterosklerotik. Teori lain, bukan bakteri yang menyebabkan persoalan, namun respon kekebalan tubuh berupa peradangan yang memicu serangkaian kerusakan pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk jantung dan otak.

Kaitan Kebersihan Mulut dan Kesehatan Jantung

Mengutip Thomas Salinas, dokter gigi dari Mayo Clinic, menjaga kesehatan Slot Gacor Hari Ini mulut bukan cara yang terbukti mencegah serangan jantung. Meski demikian itu, tetap ada kaitan erat antara kesehatan mulut dengan kesehatan jantung.

Bertahun-tahun, kondisi buruk gigi dan mulut jadi polemik soal keterkaitannya terhadap penyakit jantung. Menurut ahli dari American Heart Association, belum ada bukti ilmiah yang menyebut gigi dan mulut kotor, secara lantas, menyebabkan serangan jantung.

Mengobati persoalan pada gusi bahkan belum terbukti secara ilmiah bakal mengurangi risiko kena penyakit jantung. Alih-alih, kebersihan mulut dan jantung menyukai ada kaitannya lazimnya karena elemen ketiga seperti rokok. Dikenal, rokok dapat merusak gigi dan jantung sekalian.

Sampai sekarang ilmuwan masih berusaha mencoba mengklarifikasi kekerabatan kesehatan mulut dan jantung. Tetapi, bukti bahwa Slot Pulsa keduanya terkait erat juga tidak sedikit sehingga tetap seharusnya untuk menjaga kebersihan mulut.

Lebih-lebih untuk yang memang telah mengidap penyakit jantung dan kolesterol tinggi, penting untuk menjaga kesehatan mulut dengan rajin sikat gigi. Sebab, menurut ahli gigi Marietta Ambrose, inflamasi infeksi gusi bahaya untuk jantung.

“Ilmuwan menemukan bakteri mulut dalam timbunan lemak dengan aterosklerosis—penyakit plak menumpuk di arteri. Bila tidak diobati, endapan itu dapat mempersempit arteri, terlepas kemudian menyumbatnya, menyebabkan serangan jantung atau stroke,” kata Ambrose.